Minggu, 08 Januari 2012

MEMPERTAJAM PIKIRAN DENGAN YOGA



MEMPERTAJAM PIKIRAN DENGAN YOGA

Yoga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengaja kelenturan persendian dan otot. Yoga dapat menghilangkan berbagai masalh, seperti sters, gelisah, depresi, sakit punggung, asma, dan insomnia. Semua masah tersebut dapat menyerap energy anda.
Pose pohon untuk melakukan asana klasik (pose yoga) ini, berddirilah dengan kedua kaki direnggangkan selebar pinggul dan jari-jari kaki terbuka. Naikkan kaki kanan secara perlahan dan tekuklah lutut anda. Pegang kaki kanan dan letakkan lutut ditekuk kearah samping. Apabila anda tidak bisa melakukannya, letakkan tumit semampunya pada bagian dalam kaki kiri. Luruskan pinggul, masukkan tulang ekor, dan perlahan-lahan pusatkan pandangan anda pada satu titik di depan untuk membantu keseimbangan. Saat sudah merasa seimbang, naikkan lengan anda seperti dahan pohhon lalu tarik napas. Tahan posisi ini beberapa saat, turunkan kaki dan lengan sambil hembuskan napas. Ulangi dengan kaki berbeda.
Setelah melakkan latihan pada kedua sisi, berdirilah dengan lutut  ditekuk dan dibungkungkan dada kebawah, biarkan lengan dan kepala bergantung. Gerakkan ini sangat baik untuk melatih leher karena beban kepala membantu memperpanjang tulang tengkuk. Angkat kepala perlahan dan bernapas dengan lembut untuk melemaskan ketegangan. Luruskan tulang ekor perlahan dan naikkan dagu kemudian rileks.
Pose keseimbangan bisa mempertajam pikiran sekaligus melatih otot “dalam”. Apabilah anda sulit menyeimbangkan tubuh, bersandarlah pada dinding dan coba berbagai posisi kaki ditekuk. Pandangan mental anda juga akan meningkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar